Senin, 22 Februari 2010

Hindari Pemberitahuan Lokasi ke Publik, Perampok Mengawasimu

Jejaring sosial banyak menyediakan tempat bagi penggunanya untuk mengabarkan informasi lokasi. Misalnya dengan mengisi status di facebook atau twitter, atau juga mempublikasikan lokasi seperti tombol "Nearby" di Google Buzz.

Ini terkait dengan munculnya situs PleaseRobMe.com. Situs ini mengabarkan secara terus menerus update status yang didapat dari Foursquare, hingga membuat Twitter gerah dan menutup akun twitter PleaseRobMe. Idenya terbilang lucu dan menggelikan, seolah mengatakan 'lihatlah orang bodoh ini yang mengabarkan perampok bahwa dia tidak sedang di rumah!'.

Google Buzz pun tak urung menjadi incaran para perampok yang selalu mengawasi penggunanya saat meninggalkan rumahnya. Bahkan Google Buzz dinilai lebih berbahaya dari pada PleaseRobMe. Karena dengan mengaktifkan tombol "Nearby" kita malah memberikan kabar secara fisik lokasi tempat kita berada.

Para pelaku bisa saja mengaktifkan tombol ini saat berada di restauran atau di area publik lainnya. Dengan mengaktifkan iPhone atau Androidnya, mereka bisa menerima pesan akan siapa saja yang berada di dalam jangkauan ruangan tersebut. Misalnya ada pesan "Sedang sarapan bareng istri dan anak', dan informasi ini lengkap dengan nama dan restauran dia berada. Pelaku kemudian mengaktifkan perambah dan mencari informasi akan profil orang tersebut melalui google. Setelah google memberikan informasi profil orang in beserta poto, bisa saja pelaku mengamati orang tersebut di restauran yang disebut untuk melihat korbannya. Lalu pelaku akan mencari alamat orang etrsebut dari penyedia alamat seperti Peoplelookup.com, dan kemudian memberikan informasi ini kepada temannya akan lokasi yang sedang kosong. Berbahaya kan?

Inti dari keterangan diatas adalah : Jangan publikasikan lokasimu ke publik melalui Google Buzz! Google bisa jadi akan menjadi tersangka bila membiarkan hal ini terjadi, dan jelas ini menjadi nilai negatif dari sebuah fitur yang kadung menjadi andalan Google.

Info :
http://edittag.typepad.com/blog/2010/02/hindari-pemberitahuan-lokasi-ke-publik-perampok-mengawasimu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar