Senin, 25 Januari 2010

Buah; Harta Paling Berharga dari Pohon

Dear Sahabat...semoga dalam kondisi terbaik dan semangat di pagi hari menjemput Karunia-Nya. Setelah kemarin sebuah kisah tentang buah apel Sahabat baca, tulisan berikut menambah makna betapa berharganya buah yang dihasilkan pohon. Selamat memetik buah inspirasi. Salam

HARTA PALING BERHARGA POHON

Hasil terbaik sebuah pohon adalah buah. Dari buah, pohon berharap akan bisa melanjutkan perjalanan dirinya di bumi. Biji di dalam buah akan membuat sebuah pohon akan “hidup” kembali. Maka sangat dipahami bila istilah buah inipun seringkali kali disandingkan dengan hasil puncak dari sebuah cita-cita manusia. Kita kemudian mengenal istilah buah karya, buah pernikahan, buah perbuatan, buah jerih payah dan sebagainya.

Di dalam buah tersimpan semua zat yang berguna. Individu baru dari sebuah pohon dititipkan di buah. Biji buah akan berkecambah, mengeluarkan akar, bertunas kemudian tumbuh menjadi pohon baru serupa dengan sifat induknya. Bila pohon baru terbentuk dari buah, maka disinilah sebuah pohon telah menjadi harta yang sangat berharga.

Semua pohon berharap dirinya mempunyai generasi penerus. Dengan itu, pohon akan terus hidup dan memberi manfaat bagi lingkungan. Bila pohon tak lagi berbuah, maka keberlanjutan generasinya akan terhenti. Maka, pohon yang tak lagi beregerenerasi akan punah.

Buah dibutuhkan tidak hanya untuk diri pohon sendiri. Buah sangat dibutuhkan makhluk hidup lain untuk kebutuhan pokok. Semua manusia akan mengkonsumsi buah-buahan. Sebagian besar hewan memakan buah-buahan.

Pemenuhan kebutuhan manusia awalnya dengan cara mengumpulkan makanan (food gathering). Manusia mengumpulkan buah-buahan dan bahan pangan lain dari pohon-pohon yang ada. Hingga sekarang buah-buahan masih merupakan bahan makanan yang harus dipenuhi manusia bila ia ingin tumbuh sehat. Dalam buah-buhan terkandung gizi yang tinggi dan sekaligus sebagai bahan obat.

Mengapa hidup pohon tak berbuah kurang bermakna. Pohon tanpa buah tidak bisa maksimal memberi bagi lingkungan. Pohon tak berbuah tidak bisa menyebar benih, tidak dipilih sebagai pohon unggul, tidak menarik didatangi hewan dan kurang diminati manusia untuk ditanam.

Menjadi manusia yang berharga perlu memikirkan untuk menghasilkan buah karya yang penuh manfaat bagi lingkungan. Buah karya yang kaya dengan ”gizi” manfaat sekaligus ”obat” yang memberi solusi. Sebuah buah karya yang bisa membuat banyak jiwa-jiwa manusia terinspirasi, termotivasi dan menjadi lebih baik adalah buah yang sangat berharga bagi hidup manusia.

Semua kita akan berharap setiap amal kita akan berbuah manis, harum dan bisa tumbuh terus, kapanpun dan dimanapun. Kita yang punya buah hati berharap mereka akan mendoakan kita, mengamalkan pendidikan kita dan memberi kebanggaan bagi keluarga dan masyarakat. Kita yang menyebarkan ilmu berharap ilmu itu bermanfaat, tersebar luas dan murid-murid kita menjadi orang yang berguna. Kita mempunya ide, penemuan dan karya berharap kelak berbuah manfaat sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya bagi diri kita dan lingkungan. Bagi pebisnis, selalu berharap memetik buah keuntungan yang terus berkembang dan menyebar luas manfaatnya.

Kita semua berharap buah dari setiap jerih payah kita. Namun sebenarnya buah itu adalah karunia-Nya. Maka bila pohon amal kita sudah berbuah, maka berharaplah bahwa DIA akan memberikan balasan, karena hanya balasan-Nya yang terbaik.

By: Achmad Siddik Thoha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar