Minggu, 24 Januari 2010

NASEHAT CINTA

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Segala puji bagi Allah SWT yg tlah memberi sebaik-baik nikmat berupa Iman dan Islam. Shalawat dan doa keselamatan mari kita limpahkan selalu kpd Nabi Muhammad SAW berserta keluarga dan para sahabatnya.Amin

Berikut adalah kutipan kata2 bijak dari seorang sufi wanita Rabiatul Adawiyah, ambilah sbagai nasehat hati agar tdk terjerumus terlalu jauh bahkan terlena dgn cinta selain kpdNya, dan jadikan "bumbu yg halalan thoyyibah" :) ketika saling mencinta, yuk kita simak:

Cinta tdk pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tapi tdk pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Dmn ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kpd kemusnahan.

Jika kita mencintai seseorang, kita akan senatiasa mendoakannya walaupun dia tidak berada disisi kita.

Cinta sejati adalah ketika dia mencintai orang lain dan kamu masih mampu tersenyum, sambil berkata: aku turut bahagia untukmu.

Perasaan cinta itu dimulai dari mata, sedangkan rasa suka dimulai dari telinga. Jd jika kamu mau berhenti menyukai seseorang, cukup dgn menutup telinga. Tapi apabila kamu coba menutup matamu dari orang yg kamu cintai, cinta itu berubah menjadi tetesan air mata dan terus tinggal dihatimu dlm jarak waktu yg cukup lama.

Hal yg menyedihkan dlm hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yg sangat berarti bagimu. Hanya untuk menemukan bahwa pd akhirnya jd tdk berarti dan kamu harus membiarkannya pergi.

Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan saling mencintai dgn org yg salah sebelum bertemu dengan org yg tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas kurniaNya itu.

Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yg tdk mencintaimu, tp lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan kamu tdk pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya.

Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pd seseorang untuk kita mencarinya. Itulah namanya Cinta.

Ada 2 tetes air mata mengalir di sebuah sungai. Satu tetes air mata itu menyapa air mata yg satu lagi,” Saya air mata seorang gadis yg mencintai seorang lelaki tapi telah kehilangannya. Siapa kamu?”.
Jawab tetes air mata kedua itu,” Saya air mata seorang lelaki yg menyesal membiarkan seorang gadis yg mencintai saya berlalu begitu saja.”

Jgn sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jgn sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jgn sesekali mengatakan kamu tdk mencintainya lagi jika kamu masih tdk dpt melupakannya.

Cinta datang kpd org yg masih mempunyai harapan walaupun mereka telah dikecewakan. Kpd mereka yg masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kpd mereka yg masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan kpd mereka yg mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.

Jgn simpan kata2 cinta pd org yg tersayang sehingga dia meninggal dunia, lantaran akhirnya kamu terpaksa catatkan kata2 cinta itu pd pusaranya. Sebaliknya ucapkan kata2 cinta yg tersimpan dibenakmu itu sekarang selagi ada hayatnya.

Cinta bukan mengajar kita lemah, tapi membangkitkan kekuatan. Cinta bkn mengajar kita menghinakan diri, tp menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tp membangkitkan semangat (Hamka)

Cinta dpt mengubah pahit jd manis, debu beralih emas, keruh jd bening, sakit jd sembuh, penjara jd telaga, derita jd nikmat, dan kemarahan jd rahmat.

Kamu tau bahwa kamu sangat merindukan seseorang, ketika kamu memikirkannya hatimu hancur berkeping. Dan hanya dgn mendengar kata “Hai” darinya, dapat menyatukan kembali kepingan hati tersebut.

Tuhan ciptakan 100 bagian kasih sayang. 99 disimpan disisinya dan hanya 1 bagian diturunkan ke dunia. Dgn kasih sayang yg satu bagian itulah, makhluk saling berkasih sayang sehingga kuda mengangkat kakinya kerana takut anaknya terpijak.

Kadangkala kamu tdk menghargai org yg mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna menyesal karena perginya tanpa ber-kata2 lagi.

Jgn mencintai seseorang seperti bunga, karena bunga mati kala musim berganti. Cintailah mereka seperti sungai, karena sungai mengalir selamanya.

Cinta mampu melunakkan besi, menghancurkan batu, membangkitkan yg mati dan meniupkan kehidupan pdnya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dasyatnya cinta !

Permulaan cinta adalah membiarkan org yg kamu cintai menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yg kamu inginkan. Jika tidak, kamu hanya mencintai pantulan diri sendiri yg kamu temukan di dlm dirinya.

Cinta itu adalah perasaan yg mesti ada pd tiap2 diri manusia, ia laksana setetes embun yg turun dari langit, bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yg berlain-lainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yg tandus, tumbuhlah oleh karena embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, langkah berbelok dan lain2 perkara yg tercela. Tetapi jika ia jatuh kpd tanah yg subur, di sana akan tumbuh kesuciaan hati, keikhlasan, setia budi pekerti yg tinggi dan lain2 perangai yg terpuji.(Hamka)

Kata2 cinta yg lahir hanya sekadar di bibir dan bukannya di hati mampu melumatkan seluruh jiwa raga, manakala kata2 cinta yg lahir dari hati yg ikhlas mampu untuk mengobati segala luka di hati org yg mendengarnya.

Kamu tdk pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. Namun apabila sampai saatnya itu, raihlah dgn kedua tanganmu dan jgn biarkan dia pergi dgn sejuta rasa tanda tanya dihatinya

Cinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut ke mulut tapi cinta adalah anugerah Tuhan yg indah dan suci jika manusia dpt menilai kesuciannya.

Bukan laut namanya jika airnya tdk berombak. Bukan cinta namanya jika perasaan tdk pernah terluka. Bukan kekasih namanya jika hatinya tdk pernah merindu dan cemburu.

Bercinta memang mudah. Untuk dicintai juga memang mudah. Tp untuk dicintai oleh org yg kita cintai itulah yg sukar diperoleh.

Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih sayang ialah jgn menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kpd org lain tanpa mengharapkan balasan.

Sumber: di sarikan dari artikel sahabat bloger Martha dan Rudi, smoga Rahmat Allah menyertaimu wahai saudaraku, salam dan kasih sayang dari kami yg membacanya mudah2an diberikan pula untukmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar